Rabu, 24 Maret 2010

Tips Googling Agar Mencari Dokumen Lebih Spesifik

    Saat anda sedang mencari dokumen baik berupa data ataupun gambar, seringkali data yang disajikan kurang spesifik atau tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Sebenarnya ada beberapa tips bagi anda agar pencarian itu dilakukan lebih spesifik. Tips ini juga diberikan dari Google sendiri, namun banyak pengguna yang masih belum mengetahuinya.

  1. Untuk Mengetahui Cuaca di Kota Anda

    Untuk mengetahui keadaan cuaca di berbagai kota di A.S. dan seluruh dunia, masukkan "cuaca" diikuti dengan nama kota dan negara bagian, kode pos A.S., atau nama kota dan negara.

    Misalnya:


     

  2. Untuk Mengetahui Skor Olahraga

    Anda cukup mengetik nama tim atau nama liga untuk dapat melihat skor dan jadwal pertandingan olahraga. Semua data olahraga disediakan oleh STATS, Inc.

    Misalnya:


     

  3. Sebagai Kalkulator

    Untuk menggunakan fungsi kalkulator internal Google, masukkan penghitungan yang akan dilakukan dalam kotak penelusuran.

    Misalnya;


     

  4. Pemeriksa Ejaan

    Perangkat lunak pemeriksa ejaan Google akan memeriksa secara otomatis jika permintaan Anda menggunakan ejaan paling umum untuk kata tertentu. Jika Anda dianggap cenderung memperoleh hasil lebih baik dengan ejaan alternatif, maka perangkat akan menanyakan "Apakah maksud Anda: (ejaan yang lebih umum)?". Klik saran ejaan untuk meluncurkan penelusuran Google bagi frasa tersebut.

    Misalnya:


     

  5. Operator Plus (+)

    Google mengabaikan karakter dan kata umum, misalnya where (di mana), the, how (bagaimana), serta digit dan huruf lain yang memperlambat penelusuran tanpa meningkatkan hasil. Jika kata umum penting untuk memperoleh hasil yang diinginkan, Anda dapat memastikan agar kami memperhatikan kata tersebut dengan menambahkan tanda "+" di awal kata.

    Misalnya:


     

  6. Isi Bidang Kosong

    Terkadang, cara terbaik untuk mengajukan pertanyaan adalah meminta Google untuk 'mengisi bidang kosong' dengan menambahkan tanda bintang (*) di bagian kalimat atau pertanyaan yang diinginkan dalam kotak penelusuran Google.

    Misalnya:

0 komentar:

Posting Komentar

Give Your Comment,here:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites