Selasa, 10 Mei 2011

Segera, Skype Menjadi Milik Microsoft

BBC mendapat informasi bahwa perusahaan piranti lunak raksasa Microsoft akan memberikan konfirmasi bahwa pihaknya membeli perusahaan pelayanan telepon internet, Skype.
Menurut sejumlah laporan, kesepakatan itu bisa bernilai sekitar US$8,5 miliar, yang akan menjadikan transaksi itu akuisisi terbesar Microsoft.

Skype Logo
Skype, yang bermarkas di Luxemburg, memiliki 663 juta pengguna di seluruh dunia.Microsoft dan Skype sebelumnya menolak memberikan komentar.
Bulan Agustus tahun lalu Skype mengumumkan rencana untuk menjual menawarkan sahamnya, tetapi rencana tersebut setelah itu ditangguhkan.
Rumah lelang online eBay membeli Skype seharga US$2,6 miliar tahun 2006 dan menjual 70% saham tiga tahun kemudian seharga US$2 miliar.
Sebagian besar saham Skype sekarang dikuasai oleh sekelompok investor dipimpin perusahaan ekuitas swasta Silver Lake dan Andreessen Horowitz.
Para pengamat mengatakan Microsoft ingin membeli Skype untuk memperbaiki pelayanan konferensi videonya.
Walaupun harga pembelian yang dilaporkan, yaitu US$8,5 miliar bukan harga yang terlalu mahal bagi Microsoft, sebagian pengamat mempertanyakan apakah perusahaan itu membayar terlalu mahal bagi sebuah perusahaan yang bergelut untuk mendapat keuntungan.
Michael Clendenin, direktur pelaksana perusahaan konsultansi RedTech Advisors mengatakan: "Bila anda mengingat [Skype] bernilai sekitar US$2,5 miliar 18 bulan lalu ketika sebagian sahamnya dijual, harga US$8,5 miliar tampaknya terlalu mahal."
"Ini berarti Microsoft harus bekerja keras membuktikan kepada para investornya bahwa Skype merupakan faktor penting bagi strategi online dan selular perusahaan itu," tambahnya.
Skype didirikan tahun 1993. Para pengguna Skype bisa saling menelepon menggunakan telepon internet Skype dengan gratis. Perusahaan itu hanya menarik biaya untuk menelepon ke statis dan ponsel.

Sumber: BBC


0 komentar:

Posting Komentar

Give Your Comment,here:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites