Minggu, 12 Juni 2011

Dua Unsur Baru Ubah Susunan Tabel Periodik Kimia


Dua unsur baru masuk tabel periodik, namun keduanya masih belum diberi nama resmi.


Kedua unsur termasuk bahan radioaktif dan hanya ada selama satu detik sebelum berubah menjadi atom-atom yang lebih ringan.

Rincian kedua unsur baru tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Pure and Applied Chemistry.
Kedua unsur baru tersebut dimasukkan ke dalam tabel periode setelah peninjauan dilakukan selama sekitar tiga tahun oleh tim kerja gabungan dari International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) dan the International Union of Pure and Applied Physics (IUPAP).
Beberapa tahun terakhir sejumlah laboratorium mengumumkan mereka menemukan unsur kimia baru pada posisi 113, 114, 115, 116 dan 118 pada tabel periodik.

Penuhi kriteria

Tim kerja tersebut menyimpulkan unsur 114 dan 116 telah memenuhi kriteria untuk dimasukkan ke dalam tabel. Keduanya masing-masing diberi nama sementara nunquadium dan ununhexium.
Unsur-unsur lain sejauh ini belum dianggap memenuhi kriteria untuk bisa ditempat dalam tabel periodik unsur-unsur kimia yang telah diketahui manusia.
Posisi unsur-unsur dalam tabel tersebut disusun berdasarkan sifat struktur atom masing-masing.
Penemuan kedua elemen baru yang kini sudah masuk dalam tabel periodik dianggap sebagai hasil penelitian tim kerjasama yang berbasis di Lembaga Gabungan untuk Riset Nuklir di Dubna, Rusia, dan Lawrence Livermore National Laboratory di California, Ameria Serikat.

Sumber: BBC


0 komentar:

Posting Komentar

Give Your Comment,here:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites