Kamis, 02 Juni 2011

Lebih Dari Sekedar Menjaga Gawang


Bukanlah sebuah pelanggaran jika pada akhirnya seorang kiper bisa menyarangkan bola ke gawang lawan.

Seperti telah banyak orang ketahui, bahwa sesuai aturan yang benar bahwa Penjaga Gawang atau yang lazim disebut kiper bertugas menjaga gawang dari serangan lawan agar tidak kemasukan bola. Namun, tidak juga dilarang untuk seorang kiper melakukan sebuah set piece atau maju hingga kotak penalti lawan. Tidak juga sebuah pelanggaran jika mereka-mereka ini mampu membuat Gol-gol penting untuk klub atau bahkan karir mereka.


1. Rogerio Ceni

Aksi Rogerio Ceni dalam Sebuah Laga
Siapa yang tak kenal dengan Rogerio Ceni, penjaga gawang yang telah menorehkan catatan penampilan 17 Caps bersama Timnas Brazil ini memiliki hal luar biasa yang tidak dimiliki oleh kebanyakan penjaga gawang lainnya. 100 gol telah dihasilkan dari kakinya, dengan rincian 56 gol dihasilkan melalui tendangan bebas dan sisanya melalui eksekusi penalti.

Gol ke-100 miliknya dilesakkan Ceni kala bertemu rival berat Sao Paolo, yakni Corinthians. Tendangan bebas pria bertinggi 1,88 meter itu di menit ke-54 menembus gawang Sao Paolo dan membuat kedudukan menjadi 2-0. Pertandingan yang digelar Senin (28/3/2011) pagi WIB itu berakhir dengan kedudukan 2-1 untuk Sao Paulo.

2. Jose Luis Chilavert

Jose Luis Chilavert melakukan tendangan penalti
dalam sebuah pertandingan
José Luis Chilavert (lahir di Luque, Paraguay, 27 Juli 1965; umur 45 tahun) adalah mantan penjaga gawang sepak bola. Chilavert terkenal dengan tendangan bebasnya yang sering menghasilkan gol, sebagaimana ia terkenal dengan karakternya yang mudah marah dan selalu berapi-api.

Debut sepak bolanya dimulai di usia 15 tahun dengan membela tim lokal Sportivo Luqueño, dan menjadi penjaga gawang Tim Nasional Paraguay pertama kali pada tahun 1989. Beberapa tahun setelah debutnya, dia pindah ke tim Spanyol, Real Zaragoza. Tidak lama bermain di Spanyol, Chilavert kembali ke Amerika Latin dan membela Velez Sarsfield. Chilavert membawa Velez juara Liga Argentina tiga kali, juara Piala Libertadores, dan juara Piala Interkontinental. Pada tahun 1999, dia mencetak sejarah dengan menjadi penjaga gawang pertama yang mencetak hat-trick. Dia membawa Velez menang atas Ferro Carril Oeste dengan mencetak tiga gol. Dia juga terpilih sebagai Penjaga Gawang Terbaik Dunia pada tahun 1995, 1997, dan 1998Chilavert mengumumkan pengunduran dirinya pada Desember 2003.

3. Rene Higuita

René Higuita (lahir di Medellín, 27 Agustus 1966; umur 44 tahun), kiper Kolombia yang dijuluki "El Loco" atau Si Gila ini, memang merupakan sosok penjaga gawang kontroversial.
Aksinya yang sering keluar jauh dari area pertahanan bahkan ikut serta dalam mengambil tendangan bebas maupun penalty memang sulit untuk dilupakan. Aksinya yang paling menawan adalahScorpion Kick, kondisi di mana ketika melompat badan ditekuk ke belakang dan kaki ditarik melengkung, menahan tendangan Jamie Redknapp pada pertandingan persahabatan melawan Inggris, September 1995.

Rene Higuita Scorpion Kick
Higuita bermain cukup cemerlang ketika membela Tim Nacional Medellin Coloumbia pada Final Piala Toyota di Tokyo tahun 1989 berhadapan dengan Juara Eropa AC Milan, meski Nacional Medellin akhirnya kalah 0-1 setelah melalui perpanjangan waktu.
Pada Piala Dunia setahun kemudian di Italy 90' Higuita kembali dipercaya mengawal mistar Tim Nasional Kolombia dan berhasil maju ke Perdelapan Final, hingga "malapetaka" itupun datang. Berhadapan dengan Singa Afrika Kamerun di perdelapan Final Higuita terlihat meredam kebiasaannya untuk keluar jauh dari mistarnya. Namun setelah Roger Milla berhasil menggetarkan jala kolombia pada perpanjangan waktu babak pertama, Higuita kembali keluar jauh dari gawangnya. Namun hal itu justru memperparah keadaan karena blunder Higuita ketika sedang menguasai bola dapat dicuri oleh Milla untuk menciptakan gol keduanya pada pertandingan itu sekaligus memupus peluang Kolombia untuk maju ke Perempat Final.

4. Jorge Campos

Jorge Campos Navarrete (alias El Brody atau Chiqui-Campos) (lahir 15 Oktober 1966) adalah kiper Meksiko . Campos menjadi kiper Meksiko ketika ia membela negaranya di Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat dan di Piala Dunia 1998 di Perancis. Meskipun berbadan pendek (168 cm) dan kecil, ia memiliki reflek yang luar biasa, sampai pada tahun 1994 ia dinobatkan sebagai kiper terbaik dunia. Hal ini mengubah ikon kiper dunia yang selalu identik dengan tubuh tinggi dan besar. Dengan segala kekurangan dan kelebihannya, Campos menunjukkan pada dunia bahwa setiap orang bisa menjadi kiper, apapun. Sekitar 37 gol telah dicetak olehnya selama berkarir di dunia sepak bola.

5. Peter Schmeichel
Peter Schmeichel
Peter Bolesław Schmeichel MBE (IPA: [pʰeːd̥ɐ̥ boːlɛslɑʊ̥ smɑːɪ̥g̊l̩] (Lahir 18 November 1963 adalah salah satu mantan pemain sepak bola yang berposisi sebagai penjaga gawang dan tersukses dalam sejarah Manchester United dan Denmark. Terpilih sebagai Penjaga Gawang Terbaik Dunia tahun 1992 dan 1993, Schmeichel merupakan kunci sukses Denmark pada Piala Eropa 1992. Ia juga ikut serta dalam mempersembahkan The Treble bagi Manchester United ketika memeperoleh juara di Liga Champions, Liga Premier Inggris dan Piala FA pada periode 1998-1999, ketiga piala tersebut dipersembahkannya sebagai 'kado perpisahan' dengan Manchester United.10 gol dicetak untuk sejumlah klub yang pernah dibelanya dan 1 gol saat bermain dengan Timnas Denmark.

6. Hans Jorg Butt

Hans Jorg Butt melakukan sebuah Tendangan Bebas
Hans-Jörg Butt (lahir 28 Mei 1974; umur 36 tahun) adalah seorang pemain sepak bola berkebangsaan Jerman. Dia kini membela klub Bayern Muenchen. Klub sebelumnya yang pernah ia bela adalah VfB Oldenburg, Hamburger SV, Bayer Leverkusen, dan Benfica.
Di timnas Jerman, dia bermain 3 kali. Hingga saat ini, penjaga gawang ini masih aktif bermain dan telah mencetak  sekitar  31 gol

7. Jimmy Glass

James "Jimmy" Glass (lahir 1 Agustus 1973 di Epsom, Surrey, Inggris) adalah mantankiper sepak bola, yang dikenang untuk mencetak gol di menit terakhir yang disimpanCarlisle United di Liga Sepakbola di tahun 1999.




1 komentar:

Chilavert yg disebut juga sang jendral bulldog.. emang sangar tuh kalo lagi nendang bebas...

dan si scorpion kick itu pernah ane liad video "nekatny" di youtube.. hahaha...karna kalo gagal otomatis jadi goal tuh

Posting Komentar

Give Your Comment,here:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites