Minggu, 10 Oktober 2010

Olahraga Berlebih Ternyata Juga Tidak Baik


Memang benar, segala yang berlebihan dilakukan itu tidak baik. Demikian halnya dengan olahraga yang pada dasarnya bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh kita

Banyak orang yang merasa sudah menjalani olahraga dengan baik, tapi yang didapatkan tubuh malah tidak fit. Sebaliknya periksa kadar olahraga Anda, jangan-jangan terlalu berlebihan. Apa tanda-tanda kelebihan olahraga itu?


Olahraga memang baik untuk tubuh karena bisa meningkatkan kebugaran. Tapi kadang orang terlalu berlebihan berolahraga karena berharap ingin cepat kurus atau ingin punya badan ideal.

Jika seseorang melakukannya secara berlebihan atau terlalu kuat bisa mengakibatkan overtrainning yaitu suatu kondisi negatif yang dapat mempengaruhi tubuh dan pikiran.

Dikutip dari Sheknows, Sabtu (9/10/2010) overtraining atau kelelahan yang berlebihan terjadi ketika seseorang melakukan olahraga atau latihan dengan intensitas, frekuensi atau durasi yang berlebihan. Akibatnya orang tidak mungkin melakukan pemulihan yang cukup setelahnya.

Jika hal ini sudah mencapai tahap kronis bisa membahayakan tubuh dan dapat melenceng dari tujuan olahraga itu sendiri.

Orang yang terlalu banyak melakukan olahraga akan mengalami tanda-tanda:

Kelelahan kronis
Peningkatan cedera
Mudah murung dan tersinggung
Sakit kepala
Gangguan dalam hal cita rasa
Insomnia
Flu yang tak kunjung sembuh
Sakit pada otot dan sendi
Anemia
Depresi
Penurunan kinerja.

Jika terdapat minimal dua gejala diatas, maka kondisi tersebut sudah harus diwaspadai.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk memulihkan kondisinya yaitu:

1. Langkah pertama adalah pencegahan

Jika salah satu gejala sudah muncul, maka segera ubah program latihan atau olahraganya sehingga tidak membuat kondisi bertambah buruk.

2. Saatnya untuk istirahat

Pengobatan yang paling baik untuk overtraining adalah istirahat dan pemulihan, misalnya dengan mendapatkan jumlah waktu tidur yang cukup, mengurangi frekuensi dan intensitas olahraga misalnya menjadi dua kali dalam seminggu.

3. Memberikan bahan bakar yang berkualitas untuk tubuh

Komposisi makanan dan waktu konsumsinya menjadi hal yang sangat penting untuk mencegah serta pemulihan dari overtraining. Usahakan untuk mengonsumsi protein dan karbohidrat, serta makan dua jam sebelum berolahraga dan segera setelah selesai olahraga. Karena penelitian telah menunjukkan bahwa tubuh akan paling responsif terhadap penyimpanan energi dalam 30 menit pertama setelah olahraga dan respons paling rendah adalah 10 jam setelahnya.

4. Jaga tubuh agar tetap hidrasi

Tubuh akan berfungsi secara optimal ketika berada dalam kondisi terhidrasi dengan baik, karena itu usahakan untuk tetap mengonsumsi air sebelum, selama dan setelah berolahraga. Jika cuaca panas, maka dibutuhkan jumlah cairan yang lebih banyak.

5. Memiliki kehidupan lain selain ke pusat kebugaran


Meskipun seseorang berlatih dengan keras di pusat kebugaran, tapi ketika latihan sudah selesai bisa kembali fokus pada hal-hal lain seperti melakukan hobi yang dapat menyenangkan diri sendiri atau beristirahat.

Sumber: DetikHealth

0 komentar:

Posting Komentar

Give Your Comment,here:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites