Senin, 22 November 2010

Penuhi Konsep LPI, Persebaya Buru Roy Makaay?

Jangan kaget apabila suatu saat Anda menyaksikan pemain-pemain berlabel bintang merumput di Indonesia.

Bisa jadi hal tersebut tak akan lama lagi menjadi kenyataan. Pasalnya, konsorsium Liga Primer Indonesia (LPI) berencana untuk menjalankan konsep marquee player di Indonesia.

Marquee Player merupakan konsep yang telah sukses dijalankan di A League Australia dan MLS di Amerika Serikat. Secara harfiah, marquee playerberarti pemain bintang yang didatangkan dengan gaji di atas rata-rata, yang dibiayai sponsor. Dalam prakteknya, di Liga Australia, ada dua jenis marquee player. Yang pertama adalah pemain asing yang berstatus bintang dan yang kedua merupakan pemain lokal yang lama merumput di liga-liga Eropa yang pulang kampung menjelang gantung sepatu.

Bagaimana dengan konsep marquee player yang digagas LPI? Menurut salah seorang penggagas kompetisi ini, Yon Moeis, konsep yang diusung LPI tidak akan jauh berbeda dengan yang telah diterapkan di Liga Australia maupun MLS. "Tidak apa-apa kami disebut mencontek. Toh, ini merupakan sebuah konsep yang sangat bagus," ungkap Yon kepada bola.net.

"Dalam prakteknya nanti marquee players yang akan berlaga di LPI akan didatangkan oleh konsorsium. Nilai kontrak dan gaji mereka bakal langsung dibayar konsorsium. Klub tidak usah takut karena sudah ada yang menanggung biaya yang harus dikeluarkan untuk memboyong marquee player."

"Dengan hadirnya marquee player, diharapkan kualitas kompetisi bisa meningkat. Selain itu, mereka bisa menjadi daya tarik bagi masuknya sponsor maupun penonton," paparnya.

Ketika disinggung apakah Roy Makaay, yang selama ini dikabarkan sedang didekati Persebaya merupakan yang termasuk marquee players, Yon membantah. Menurutnya, Makaay murni bidikan tim asal Surabaya tersebut dan tidak masuk dalam daftar marquee players LPI.

"Untuk Makaay, itu murni urusan Llano Mahardika (CEO Persebaya). Dia bukan termasuk marquee players LPI," ujarnya.

Sayang, sejauh ini pihak LPI belum melansir nama-nama yang masuk dalam daftar marquee player. Menurut Yon, rencananya daftar ini bakal dipublikasikan dalam waktu dekat. Sementara itu, kita harus mempersiapkan diri agar tidak terlalu terkejut apabila nama-nama tenar macam Ariel Ortega, Martin Palermo, Cafu, Robbie Fowler atau Giovanni van Bronckhorst merumput di klub-klub Indonesia.

Sumber: bola.net



0 komentar:

Posting Komentar

Give Your Comment,here:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites