Jumat, 12 November 2010

Tetris Ampuh Atasi Trauma Seseorang

Siapa sagka mainan lawas ini ternyata manjur hilangkan trauma


Kalau ingin memberikan permainan ke korban bencana alam untuk menyembuhkan pengalaman traumatisnya pilihlah mainan tetris. Mainan ini lebih manjur mengatasi gangguan stres akibat pengalaman traumatis dibandingkan permainan ular tangga.

Peneliti dari Oxford University, Emily Holmes membuktikan hal itu setelah melakukan 2 eksperimen. Eksperimen pertama melibatkan 60 partisipan sedangkan yang kedua melibatkan 75 partisipan, seluruhnya adalah orang dewasa dalam kondisi sehat.

Dalam eksperimen pertama, partisipan disuruh menonton film-film yang menampilkan adegan kematian dan kekerasan. Setelah 30 menit film berakhir, partisipan dibagi menjadi 3 kelompok dengan perlakuan yang berbeda.

Kelompok pertama bermain tetris selama 10 menit, kelompok 2 bermain game bertema kuis dan kelompok terakhir tidak melakukan apa-apa. Selama beberapa pekan berikutnya, partisipan diminta membuat catatan harian tentang kemunculan ingatan-ingatan buruk dari film yang ditonton.

Eksperimen kedua dilakukan dengan cara yang sama, hanya saja jumlah partisipan yang dilibatkan lebih banyak. Bedanya kali ini para partisipan diberi jeda lebih panjang sejak film berakhir, yakni 2 jam.

Dikutip dari WebMD, Jumat (12/11/2010), kedua eksperimen ini membuktikan bahwa partisipan yang bermain tetris lebih jarang mengalami ingatan-ingatan buruk.

Para peneliti menduga permainan menata puzzle dalam tetris bisa menyeimbangkan 2 kanal di otak, yakni kanal sensoris dan kanal konseptual. Kejadian-kejadian traumatis biasanya membuat aktivitas kanal sensoris lebih aktif sehingga mudah mengalami ingatan-ingatan buruk.


0 komentar:

Posting Komentar

Give Your Comment,here:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites