Jumat, 26 Agustus 2011

Tips Sehat Bermudik Lebaran

Jika kondisi kesehatan anda tiba-tiba tidak memungkinkan selama di perjalanan maka anda dapat memanfaatkan posko kesehatan.


Jakarta -  Kegiatan mudik memerlukan tenaga dan stamina yang prima, karena biasanya memakan waktu berjam-jam, perjalanan panjang, macet, udara panas, sedang berpuasa dan jika menggunakan angkutan umum harus mengantre tiket dan bedesak-desakan.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan RI, Prof Tjandra Yoga Aditama mengingatkan pemudik untuk menjaga kesehatannya selama mudik. 


Jika kondisi tak prima saat di jalan, Prof Tjandra menyarankan untuk memakai fasilitas posko kesehatan yang disediakan pemerintah di sepanjang jalan.Berikut beberapa tips yang diberikan Prof Tjandra Yoga dalam rilisnya yang dikutip dari detikHealth, Jumat (26/8/2011):

1. Sebaiknya jangan berangkat saat baru saja pulang bekerja. Selain capek, psikologis Anda juga hampir pasti lelah karena lalu lintas padat.
2.
Sebelum berangkat mudik, sebaiknya Anda memeriksakan kesehatan terlebih dulu.
Apalagi jika selama ini Anda memiliki keluhan sakit tertentu. Siapkan juga obat-obat yang kira-kira Anda butuhkan.

3. Bawa persiapan makanan minuman, khususnya kalau membawa bayi dan anak-anak.

4. Tak kalah penting, kendaraan yang hendak dipakai mudik juga harus diperiksa. Pastikan kondisinya prima sehingga tidak terjadi gangguan di jalan.

5. Saat di perjalanan, jangan paksakan diri untuk terus berjalan jika kondisi tidak memungkinkan. Ada baiknya, Anda beristirahat secara periodik.

6. Jangan memaksakan diri dengan meminum obat atau bahan tertentu yang dipercaya sebagian masyarakat dapat meningkatkan daya tahan tubuh sesaat.
Jika merasa lelah, carilah tempat untuk beristirahat.

7. Jangan membeli makanan sembarangan. Jika salah makan, otomatis kesehatan dapat terganggu.

8. Kalau diperlukan maka jangan ragu-ragu untuk manfaatkan pos kesehatan disepanjang arus mudik yang sudah disediakan pemerintah dan berbagai organisasi masyarakat

9. Jika sudah sampai ke tujuan, cepatlah beristirahat. Jangan paksa diri Anda untuk langsung berkeliling-keliling ke rumah sanak saudara untuk berlebaran.

10. Jangan merokok dan mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol selama perjalanan mudik, karena akan mengganggu konsentrasi akibat berkurangnya asupan oksigen ke otak.


Mudik membutuhkan konsentrasi yang tinggi karena biasanya saat mudik udara panas, jalanan macet dan bagi yang membawa kendaraan pribadi konsentrasi tinggi sangat dibutuhkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.




Sumber: DetikHealth





0 komentar:

Posting Komentar

Give Your Comment,here:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites