Selasa, 02 Agustus 2011

Twitter Luncurkan Versi Bahasa Indonesia

Untuk menerjemahkan menjadi Bahasa Indonesia, Twitter bekerjasama dengan sebuah komunitas.

Bahasa Belanda dan Indonesia membuat Twitter memiliki sebelas bahasa.


Twitter pertama kali meluncurkan versi non-bahasa Inggris pada bulan April 2008 dengan merilisnya  kedalam bahasa Jepang.
 Pada bulan November 2009Twitter meresmikannya kedalam bahasa Spanyol dan Perancis. Dan, pada hari Senin tanggal 1 Agustus kemarin, Twitter berbahasa Belanda dan Indonesia resmi diluncurkan, dengan peluncuran terbaru ini Twitter telah sepenuhnya diterjemahkan ke dalam sebelas bahasa selain versi bahasa Inggris.

Dikutip dari blog resmi milik Twitter, bahasa Belanda dan Indonesia merupakan bahasa pertama yang  sepenuhnya diterjemahkan oleh relawan masyarakat menggunakan Pusat Terjemahan milik Twitter yang dibuka awal tahun.

Relawan tersebut menerjemahkan halaman twitter.com yang meliputi, dukungan halaman, desktop dan aplikasi mobile - semuanya kecuali Tweets dari para pengguna Twitter. Kemudian, sebuah kelompok penerjemah itu dipilih dengan alasan paling aktif dan dapat bekerja sama dengan tim di Twitter untuk menjaga versi lokal dari layanan tersebut.

Twitter tidak menyebutkan identitas komunitas yang dimaksud, namun mereka berterimakasih terhadap kerjasama itu dan mereka juga mengklaim bahwa proses terjemahan ini adalah yang tercepat. Karena sejak pertama kali mereka berkomunikasi, proses menerjemahkan ke dalam dua bahasa itu hanya memakan waktu satu bulan.

Selanjutnya, Twitter berencana untuk membuat dalam versi bahasa Filipina dan Melayu. Hal ini dilakukannya untuk mewujudkan halaman Twitter yang memiliki banyak bahasa.



0 komentar:

Posting Komentar

Give Your Comment,here:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites