Rabu, 29 September 2010

Jalan-Jalan ke London "Kota Sepak Bola"

Jika banyak yang menyebut Milan kota Mode, maka saya akan menyebut London sebagai Kota Sepak Bola


London Eye

Apa yang terbesit di benak kita saat diberi kesempatan menyebutkan kota London dalam satu beberapa kata singkat? London Eye, Pangeran Charles, Ratu Elisabeth, Inggris, mahal.. Ya tidak ada salahnya dari semua jawaban anda. Kota ini memang terkenal dengan semua itu, tapi kini London juga dikenal sebagai kota penghasil klub dan industri sepak bola di Inggris maupun di Eropa.

Sejarah Singkat


Buckhingham Palace

London (ejaan Inggris: [ˈlʌndən]) adalah ibu kota Inggris dan Britania Raya. Kota yang dibangun oleh orang Romawi di masa lampau dan dulu disebut Londinium ini pada 1 Januari 2005 berpenduduk sekitar 7,4 juta jiwa di daerah London Raya dan berjuta-juta jiwa lagi di daerah metropolitannya.



Penduduk London terdiri dari berbagai macam etnik, budaya, dan agama, serta berbicara dalam hampir 300 bahasa, yang menjadikannya kota paling kosmopolitan dan dinamis di dunia. Penduduk London biasa menyebut dirinya Londoner.

London juga merupakan basis berbagai organisasi, institusi dan perusahaan yang berpengaruh di dunia. London juga merupakan percampuran antara tradisi dan teknologi, serta salah satu tujuan wisata utama.

London termasuk salah satu kota besar di dunia bersama New York, Paris, dan Tokyo. London juga sangat berkembang dalam berbagai bidang seperti finansial, komunikasi, dan seni. London juga memiliki berbagai kastil, museum, teater, gedung konser, galeri, bandara, stadion olah raga, dan istana.

Pada 6 Juli 2005, London berhasil mendapatkan hak menyelenggarakan Olimpiade 2012. Sebelumnya, London juga pernah menyelenggarakan Olimpiade 1908 dan Olimpiade 1948.

Dunia Kulit Bundar

Sejatinya sebuah kota memiliki dua klub di daerahnya, namun London muncul sebagai kota fantastis yang melahirkan enam klub sekaligus di dalam kawasannya. Juga tidak ketinggalan, berdiri pula enam stadion megah yang ada disana. Dengan kawasan  seluas 4.761/km², London sanggup membagi dengan rapi keenam stadion untuk enam klub yang bebeda tersebut.

Ada berapa klub yang anda ketahui di London? Jawabannya adalah enam klub, yaitu Chelsea, Arsenal, Tottenham Hotspurs, West Ham United, Fulham dan Charlton Athletic. Mari kita kupas profil klub serta sisi stadion dan kawasan sekitarnya.

Warna adalah Markas Stadion Klub dibawah

1. Chelsea (stamford Bridge)

Chelsea F.C. (Chelsea Football Club), juga dikenal sebagai The Blues atau sebelumnya sebagai The Pensioners (London F.C.), adalah sebuah klub sepak bola Inggris yang bermain di Liga Utama Inggris dan bermarkas di kota London. Klub ini didirikan oleh H.A. Mears pada tahun 1905, dan memiliki lapangan sendiri yang dapat menampung sekitar 42.360 penonton, bertempat di Fulham, London Barat. Saat ini Chelsea bermarkas di Stamford Bridge dan menjadi milik taipan kaya asal Rusia bernama Roman Abramovich.

2. Arsenal (Emirates Stadium)

Arsenal Football Club (dikenal pula sebagai Arsenal atau The Gunners) adalah klub profesional Inggris yang berbasis di daerah London Utara, London. Klub ini kini bermain di Liga Utama Inggris. Arsenal didirikan di daerah Woolwich, bagian tenggara kota London pada 1886 dengan nama Dial Square, lalu dengan cepat berganti nama menjadi Royal Arsenal. Tahun 1891 nama mereka diganti menjadi Woolwich Arsenal. Pada tahun 1913, klub ini pindah ke wilayah utara, tepatnya di daerah Highbury dan membangun Stadion Highbury, yang menjadi markas baru mereka. Saat pindah lokasi itulah, nama depan klub mereka, yaitu Woolwich dihapus sehingga hanya nama Arsenal yang tersisa. Selain itu karena lokasi stadion Arsenal dekat dengan markas Tottenham Hotspur, maka tak heran jika pertandingan Arsenal vs Tottenham Hotspur disebut "North London derby" dan merupakan salah satu derby terpanas di London. Namun sejak bulan Juli 2006 sampai sekarang, klub ini menempati markas barunya, Stadion Emirates yang berkapasitas 60.500 kursi.

3. Tottenham Hotspurs (White Hart Lane)

Tottenham Hotspur Football Club adalah klub sepak bola di London utara. Mereka juga dikenal sebagai Spurs, The Spurs dan Tottenham, sementara penggemar mereka memberi mereka nama the Lilywhites karena seragam tradisional mereka yang berwarna putih. Seperti dijelaskan sebelumnya Spurs memiliki perseteruan yang cukup tua dengan klub sekota, Arsenal, dan pertandingan antara Spurs dengan Arsenal terkenal dengan nama Derby London Utara. Saat ini Harry Redknapp menjadi pelatih kepala yang mendampingi Crouch cs.

4. Fulham (Craven Cottages)

Finalis European Cup musim lalu ini bermarkas di Stadion Craven Cottage yang berkapasitas 24.500 penonton dan saat ini lagi diperbesar sehingga akan berkapasitas 30.500 orang. Seragam mereka berwarna hitam-putih. Fulham Football Club (FFC) adalah sebuah klub sepak bola Inggris yang didirikan pada tahun 1879. Bermarkas di daerah Fulham, London, Fulham pada musim 2007/08 bermain di Liga Premier Inggris.

5. West Ham United (Upton Park)

West Ham United Football Club adalah sebuah klub sepak bola Inggris yang bermarkas di London, Britania Raya. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Stadion Boleyn Ground (Upton Park) yang berkapasitas 35.647 kursi. Seragam mereka berwarna merah-silver. Tim ini dikenal sebagai penghasil bakat muda di Inggris, nam Joe Cole, Frank Lampard dan Michael Carrick ada sebagian nama yang dibesarkan dari klub ini.

6. Charlton Athletic (The Valley)

Charlton Athletic Football Club adalah sebuah klub sepak bola Inggris yang didirikan tahun 1905. Bermarkas di London, Charlton pada musim 2006/07 bermain di Liga Premier Inggris. Saat ini mereka berada di level kedua dibawah EPL, Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Stadion The Valley yang berkapasitas 27.111 penonton. Seragam mereka berwarna merah.

3 komentar:

banyak banget klubnya.. beda dengan kota kota di nrgara eropa lain yang rata = rata ada 2 klub dalam 1 kota.
Londoners g bingung tuh mau dukung klub yang mana? hehehe. bakalan terpecah jadi 6 tuh warganya.

itu belum yang berada di divisi2 bawah, ada Milwall, QPR, Leyton orient dll

pengen ke Londooon :)

salam kenal,,

Posting Komentar

Give Your Comment,here:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites