Minggu, 31 Juli 2011

Tahun Ini Pengamatan Hilal Bisa Lewat Online

Hilal ini akan digunakan untuk menentukan awal puasa Ramadhan serta Hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha.

Pengamatan Hilal akan dilakukan di beberapa titik di Indonesia
Untuk memberikan informasi hilal astronomi secara lebih luas dan terbuka kepada masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk., dan Observatorium Bosscha – FMIPA, Institut Teknologi Bandung menyediakan layanan tayangan langsung hilal astronomi melalui halaman web milik Bosscha maupun kominfo.


Pelaksanaan pengamatan hilal tahun ini didukung juga oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim - RIAU, Rukyatul Hilal Indonesia, Universitas Lampung, Universitas Mataram, Universitas Hasanuddin,Universitas Pendidikan Indonesia dan LAPAN. Melalui tayangan langsung ini diharapkan agar masyarakat luas berkesempatan untuk dapat ikut menyaksikan hilal dan memahami fenomena alam yang terkait.

Hilal adalah penampakan bulan sabit muda yang terlihat dari permukaan Bumi setelah konjungsi/ijtimak. Banyak kegiatan penting ke-Islam-an mengambil dasar posisi Bulan di langit, seperti Tahun Baru Hijriah, awal shaum Ramadhan, dan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. 

Dengan demikian dipandang penting untuk menyebarluaskan informasi awal bulan baru yang ditandai oleh tampakan hilal.Informasi hilal astronomi yang disampaikan ini kiranya dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan yang diperlukan bagi pengambilan keputusan oleh Badan/Institusi yang berwenang secara kenegaraan. Hal ini sangat penting karena menyangkut hajat umat Islam baik secara nasional maupun regional.

Website ini memberikan informasi Hilal tahun 2011, Berupa Relay Video Streaming Hilal Ramadhan dan Syawal dari Website Kemenkominfo yang diterima dari beberapa titik lokasi pengamatan yang telah ditentukan. Adapun titik titik pengamatan tersebut adalah:

Biak - PAPUA
Kupang - NTT
Makasar - SULSEL
Mataram - NTB
Denpasar - Bali
Pontianak - KALBAR
Bangkalan - JATIM
Yogyakarta - DIY
UPI Bandung - JABAR
Pamengpeuk - JABAR
Lampung
UINSUSKA - RIAU
Medan - SUMUT
Lhoknga - NAD

0 komentar:

Posting Komentar

Give Your Comment,here:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites