Minggu, 15 Agustus 2010

Amnesia, Kompilasi GIGI dan C-4

Bulan Ramadhan tahun ini Gigi meluncurkan sebuah album religi yang berjudul Amnesia dengan hits andalan yang sama seperti judul albumnya.

Bekerja sama dengan gerai Carrefour, Gigi mematok harga 30ribu untuk mendapatkan CD terbaru mereka ini.


Isi album Amnesia itu bukan cuma Gigi. Ada Omelette, Tohpati feat Iis Dahlia, Dewi Gita, dan Solitaire Addict. Melihat formasi ini, mungkin ada yang teringat pada album kompilasi religi tahun lalu yang berjudul “Restu Cintamu”. Ini tidak salah, karena memang ada lagu yang diambil dari album tersebut, selain dari album religi Gigi “Jalan Kebenaran”.


Tapi kami tidak cuma menjual “barang lama.” Dari 15 lagu, ada 5 lagu baru dalam album ini. Empat lagu Gigi (Amnesia, Setia Bersama Menyayangi dan Mencintai, Tantang Nasibmu, dan Pahala), dan satu lagu Omelette (Satu Tujuan).


Walaupun penjualan menjadi tanggung jawab C-4, kami tidak lepas tangan begitu saja. Sedapat mungkin kami ikut membantu mempromosikannya, baik melalui televisi, radio, maupun saat kami manggung off air. Bukan Cuma Gigi, kami juga meminta, Omelette, Iis, dan Solitaire Addict untuk melakukan hal yang sama.


Ini penting mengingat waktu jualan yang sangat pendek. Praktis kami cuma waktu maksimal dua bulan yaitu selama bulan Ramadhan dan dua minggu sebelum dan sesudahnya. Gigi sendiri akan menyebarkan pesan ini selama tur Ngabuburit. Bahkan ikut berjualan di stan merchandise jika hal itu memungkinkan.


Kami sangat optimis dengan sistem penjualan album ini. Logika kami sederhana –dan ini sudah disampaikan ke Carrefour-, jumlah C-4 seluruh Inonesia ada 82 tersebar di berbagai kota. Setiap C-4 memiliki 30-40 kasir yang dibuka seluruhnya selama Ramadhan. Artinya ada lebih dari 2.550 kasir aktif yang melayani 500 ribu pengunjung C-4 setiap hari.


Bukan cuma itu, kami punya senjata lain yaitu kewajiban setiap kasir untuk menawarkan album ini pada setiap orang saat melakukan pembayaran. Ini mirip dengan saat kita membeli KFC dan ditawari album Indah Dewi Pertiwi, Cinta Laura, atau SKJ’94


Konon dengan cara penjualan ini album Cinta Laura bisa terjual lebih dari 300 ribu kopi, luar biasa bukan?


“Masa sih dengan intensitas seperti itu kami nggak bisa menjual 100 ribu CD?” kata Dhani.


Infak


Karena Ramadhan bulan yang penuh rahmad, sebagian hasil penjualan album Amnesia ini akan kami sumbangkan. Angka terkahir yang kami dengar dari C-4, besarnya infak untuk setiap CD yang terjual adalah Rp 10 ribu. Sekedar informasi saja, waktu kami berunding dengan C-4, kami mempersyaratkan ada uang sebesar Rp 1 miliar yang mesti disisihkan. Kami langsung mendapat lampu hijau sebab C-4 juga mempunyai program serupa.


Terus terang kami belum tahu akan diwujudkan apa dana infak itu, tapi penyalurannya sudah ditentukan yaitu melalui MPI (Mayarakat Peduli Indonesia). MPI ini adalah kumpulan artis dan pekerja infotainment yang dulu bahu-membahu mengumpulkan dana untuk korban bencana alam tsunami Aceh dan gempa Jogja.


Karena harus Rp 1 miliar --yang baru bisa terpenuhi kalau seluruh CD terjual- Carrefour membuat jaring pengaman berupa penjualan tas merchandise bergambar Gigi. Hasil penjualan tas inilah yang akan menutupi jika yang kami kumpulkan kurang dari Rp 1 miliar.


Jadi kejasama ini memang ada unsur sosialnya, bahkan unsur sosial inilah yang dipergunakan sebagai dasar kesepakatan. Mudah-mudahan maksud baik ini membuat kita semua mendapat berkahNya.

Sumber: Gigionline

0 komentar:

Posting Komentar

Give Your Comment,here:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites